Outbond PPG Undiksha


MAHASISWA PPG UNDIKSHA IKUTI KEGIATAN OUTBOND

YANG DISELENGGARAKAN OLEH MBMI UNDIKSHA


Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang menggunakan keunggulan alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif. Kegiatan Outbound tidak sarat dengan dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen mendasar pada kehidupan sehari-hari. Terkait dengan hal tersebut Undiksha sebagai salah satu LPTK penyelenggara PPG mengadakan kegiatan Outbound bagi peserta PPG SM-3T dan Prajabatan pada hari Kamis (30/06).


Kegiatan ini adalah salah satu program MBMI Undiksha yang dilaksanakan setelah kegiatan Bela Negara. Peserta dalam kegiatan ini adalah seluruh mahasiswa PPG Undiksha yang teridiri dari 68 orang mahasiswa PPG SM-3T, 37 orang mahasiswa PPG Prajabatan I, dan 23 orang mahasiswa PPG Prajabatan II. Selain mahasiswa PPG, panitia juga ikut serta dalam kegiatan Outbound ini. Kegiatan ini dilaksanakan di Treetop Kebun Raya Bedugul dan rutin dilaksanakan setiap tahunnya.


Sekretaris MBMI Undiksha Dr. Wayan Widiana, M.Pd. menjelaskan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu upaya Undiksha sebagai salah satu LPTK penyelenggara PPG untuk membentuk karakter mahasiswa PPG Undiksha. “Mahasiswa tidak hanya disuguhkan pembelajaran dikelas tapi juga kegiatan di luar kelas seperti Outbound ini untuk mengantisipasi kejenuhan dalam perkuliahan. Kegiatan ini bisa dijadikan salah satu media pembelajaran yang bisa mengaktifkan kemampuan psikomotorik siswa melalui permainan-permainan di dalam”, tambah widiana.


Seluruh kegiatan pada saat outbound dikordinir oleh instruktur dari pihak Treetop Kebun Raya Bedugul. Terdapat beberapa permaian dalam kegiatan Outbound ini yang seluruhnya memiliki makna yang mampu membentuk pribadi yang sehat dan meningkatkan kemampuan psikomotorik peserta. Peserta dalam kegiatan ini dibagi menjadi dua kelompok yang secara bergantian melakukan kegiatan. Setelah kegiatan Outbound usai, peserta juga diberikan waktu untuk menikmati alam sambil melakukan aktivitas bebas di Kebun Raya Bedugul.